Sunday, November 10, 2013

CARA MUDAH MEMBUAT PCB

1. Siapkan layout, difotocopy ke mika OHP atau biasa disebut fotocopy transparan. hasil fotocopy kita sebut film.


2. Siapkan pcb polosnya, bersihkan menggunakan amplas nomor 500 dan air, setelah itu keringkan pcb tersebut dan jangan menyentuh langsung lapisan tembaga dengan tangan.

3. Panaskan setrikaan sembari memotong design filmnya ang akan dicetak. Setelah keduanya siap lalu tempelkan film ke pcb. Jangan terbalik, Pastikan bagian film yang menempel ke lapisan tembaga pada pcb adalah yang ada tonernya. Setelah siap, pegang sebelah kiri film dan pcb dengan tangan kiri agar film tidak bergeser, tempelkan setrikaan dan jangan terlalu ditekan, gesek gesek setrikaan hingga bagian kanan film sudah menempel di pcb lalu lanjutkan ke bagian kiri. proses ini hanya sebentar, mungkin 1 menit saja, karena kalau terlalu lama bisa menjadi rusak.

4. Menyetrika sudah, segera rendam pcbnya ke dalam air bersih, tunggu beberapa saat lalu kupas filmnya (kupas di dalam air). kupas saja pelan pelan dari pinggir hingga terbuka semua. hasilnya akan seperti ini
 Jelek kan, karena filmnya terlalu tipis, coba lihat film saya di bawah ini. Di dalam blok hitam ada bintik bintik tembus pandang. Jadi usahakan minta ke tikang fotocopynya supaya ditebalkan tonernya (namun sebagian besar tukang fotocopy akan menolak dengan alasan takut merusak mesin dan sebagainya). kesalahan yang kedua adalah proses pemanasan dengan setrika kurang merata. coba lihat hasil kupasan di atas, masih ada toner yang masih menempel pada film.

5. Periksa hasil kupasan, barangkali ada jalur yang rusak, putus, dan sebagainya. benahi jalur tersebut menggunakan spidol marker.

6. Setelah selesai dikoreksi, siapkan larutan FeCl secukupnya dengan air panas.

7. Masukkan pcb tadi kedalamnya lalu goyang goyangkan supaya tembaga cepat luntur. lakukan proses ini hingga luntur semua tembaga yang tidak diperlukan.

8. Setelah tembaga yang tidak digunakan luntur semua, bilas pcb dengan air bersih, lalu hapuslah tonernya menggunakan amplas hingga bersih lalu keringkan.


9. PCB sudah siap dibor, setelah dibor semua letak kaki komponennya, pasang top silknya. jangan lupa topsilknya diprint mirror lalu difotocopy juga. proses penempelan topsilk sama seperti di atas menggunakan setrika.

10. Selesai.


1 comment: