Sunday, April 14, 2013

SYARAT KERJA UTAMA KOMPUTER


Hal yang paling mendasar dalam mempelajari ilmu komputer adalah memahami struktur kerjanya. Cukup memahami persyaratan masing masing komponen agar mereka bisa bekerja, tidak perlu mengetahui apa isi dari masing masing komponen dan  kenapa bisa seperti itu?. Buku sejarah komputer saja tidak menjelaskannya. Namun jika kita ingin mengetahuinya, kita harus kembali ke jaman komputer generasi pertama yang besarnya satu rumah. Dari situ kita bisa mengetahui bahan bahan yang terkandung dari masing masing komponen komputer.

Contohnya anak kecil, dari jaman kakek buyutnya  buyut kakek saya sampai sekarang yang dipikirkan pasti main. Misalkan mainan pistol, syarat utama pistol bisa bekerja adalah harus ada pemicu, ada peluru, ada perintah menembak, ada sasaran tembak. Nah, didalam pistol, didalam pemicu, didalam peluru ada apa saja mereka tidak mau tau. yang penting bisa menembak, sudah.
Seperti itu saja kita belajar ilmu komputer, tidak perlu terlalu rumit dan sulit.

Syarat utama:
Power Supply: Masing masing komponen membutuhkan supply power yang berbeda. Yang umum adalah 12V, 5V, 3V, 1V.

Osilator/Clock: Masing masing komponen membutuhkan clock yang berbeda. Biasanya dibawah 5V.
Reset: Masing masing komponen membutuhkan reset. 

Vc: Masing masing komponen membutuhkan vc atau perintah kerja.



Sebuah komputer sudah memiliki power supply. Apakah dia sudah bisa bekerja?, Belum. Karena belum di ONkan, Listrik belum masuk ke masing masing komponen.
Setelah komputer diONkan apakah sudah bekerja?, belum juga. Karena belum ada Clock atau detak di masing masing komponen.

Sekarang suplai listrik dan clock sudah masuk tapi komputer masih belum bekerja juga jika tidak ada Reset atau mengkondisikan komputer ke awal waktu. seperti menginap di hotel, kita mau masuk, ternyata tamu sebelumnya belum keluar, maka kita tidak bisa masuk. Apabila tamu tadi sudah keluar apa kita bi masuk?, Belum. karena kamar akan direset dulu kembali ke kondisi awal.
Yang terakhir adalah Vc atau perintah. Jika belum mendapat perintah maka komputer tidak akan bekerja. apa yang mau dikerjakan kalau tidak ada tugas.


Saya ambil contoh Mouse. Kita memberi perintah kepada komputer melalui mouse, maka tugas tersebut diproses di South bridge, lalu dikirim ke prosesor / CPU melalui jalur komunikasi BUS, setelah diterima CPU dan dimengerti, akan dikirim ke Nort Bridge, lalu ke VGA atau ke monitor. maka akan tampil apa yang kita perintahkan tadi.
Namun jika syarat utama tadi ada yang tidak terpenuhi maka tugas yang kita perintahkan akan jadi kacau. Jika hal itu terjadi, untuk mengetahui letak permasalahnnya maka kita bisa menelusurinya, sudah sampai mana perintah tersebut. Apakah sudah sampai CPU, atau masih ada di RAM atau sudah berada di Nort.

No comments:

Post a Comment