Tuesday, July 9, 2013

PRIA TUA ITU

Jam di PC nunjuk angka 21:24 saat gue awali nulis ini cerita. Hari ini adalah Senin, 8 Juli 2013 dimana gue dan orang orang muslim semua lagi gembira nyambut awal puasa yang mungkin dimulai besok. 
Seperti biasanyalah.. setiap kali menyambut hari awal puasa sampai hari ketiga puasa biasanya perjalanan pulang kerja slalu kejebak macet di sekitaran pasar sukapura. Kemacetan itu slalu rutin terjadi tiap mau awal puasa, ya... walaupun di hari hari yang tidak spesialpun juga sering kena macet disana.

Sebenernya emang di sukapura hampir tiap hari suka macet, ya.. kalian tau sendirilah. Tapi kemacetan hari ini nggak separah kemacetan kemacetan biasanya.. dibandingin ama awal puasa di tahun tahun sebelumnya juga nggak separah ini. Bayangin aja.. gue dari sunter ke Riviera Plaza ngejemput bini butuh waktu setengah jam.. berarti perjalanan gue lancar.... Ya emang udah keduga sih kalo bakal kena macet, makanya jam 5 pas langsung cabut dari tempat kerja. Nah, pas sampai di ujung jalan terusan hibrida uda macet.. mampus dah... tapi tenang.. kondisi masih seperti hari hari biasanya.. nyelip nyelip bawa motor butut.. belok kanan masuk pasar.. Bener dugaan gue.. PARKIR DAH..!!
Dari jam 6 ampe jam 8 parkir di pasar sukapura.. mundur kaga bisa.. maju juga kaga bisa.. motor uda gue tancepin ke pantatnya truk biar nggak digangguin rider lainnya.. jangankan yang bawa mobil.. yang jalan kaki aaja kaga bisa lewat.. gimana bisa lewat coba.. semua rider pada buru buru.. pada bodoh semuanya kecuali gue sendiri.. uda tau macet masih maksa nganan... jadi yang dari arah lawan kaga bisa lewat.. mampet dah.. ampe ngantuk gue.. bener!! mata perih  kena asep.. yaudah gue meremin aja.. tiduran nyandarin kepala ke stang motor...

Singkat cerita gue uda bisa lewatin kemacetan itu dengan sabar hingga sampai di ujung pasar mau belok kanan lagi masuk gang perkampungan menuju jalan raya tipar cakung. Di dalem gang juga macet.. tapi karna gue rider yang cukup sopan dan tertib,  maka gue ngantri 1 baris terus sampai jl raya. Ternyata di jalan raya semua orang dari ke2 arah pada berhenti.. jalanan penuh.. jadi parkiran.. cuma disisain jalan selebar motor aja.. BUSYETT DAH..!!
Bener bener parah... nggak tau deh macetnya sampe mana... karna gue belok kiri cari jalan pintas lewat perkampungan... biasanya sih ampe jembatan macetnya..
Akhirnya jam 9 lebih dikit baru nyampe rumah... ampun dah malam ni... biasanya cuma sejam setengah paling lama perjalanan dari sunter ke harapan indah.. ini ampe 4jam.. HADEHH...!!

#

Di atas itu adalah sedikit cerita yang sebetulnya ngga usah diceritain juga semua orang uda pada tau kalo jakarta itu jalanannya macet.. siapa suruh dateng ke jakarta..?! kalo kaga mau kena macet ya sono pulang kampung..!! ato kalo nggak, berangkatlah ke tujuan seminggu sebelumnya.. biar nggak buru buru di kemacetan.. uda tau jalanan mampet masih aja maksa maksa nganan nutupin jalan lawan sambil klakson klakson... dasar ORANG BODOH...!! untung gue bukan golongan mereka... hahahaha...

Lah Lah Lah...!! ko jadi maki orang di postingan blog sendiri... ha..... emang bego' ni orang... hahaha...

OK!
KEMBALI KE LEPTOP..!!!
Sebetulnya bukan kemacetan itu cerita utamanya.. tapi kemacetan tadi itu adalah penyebab awal tertulisnya cerita ini... sebuah cerita yang sangat berasa.. dan sampai ke hati...

Jadi begini ceritanya..
Pas gue lagi berjuang ngelewatin kemacetan di ujung pasar sukapura  pas lagi berdesakan rebutan masuk gang.. tanpa sengaja mata gue ngeliat seorang pria tua yang uda keriput dan sepertinya uda ompong juga.. sehelai handuk kecil bergambar salah satu club sepak bola dunia terikat di kepalanya.. di samping gerobak warna biru langit miliknya kulihat ia tertukduk lesu... tatapannya kosong... entah apa yang dipikirkannya..  dia adalah seorang pria tua pedagang cireng keliling.. 

Ya Tuhan... melihatnya.. sangat mengena di hati... dagangannya masih terlihat sisa setengah kotak kacanya... entah hari ini dia sengaja dagang setengah saja karna mau menyambut puasa.. atau sudah laku setengah.. kasian banget Ya Tuhan.. dagangan belum abis.. dia kejebak macet parah ampe dia kaga bisa ngedorong gerobaknya keliling kampung menjajakan dagangannya... sumpah...ngena banget dihati... 
Ingin rasanya gue beli dagangannya... tapi gue uda di tengah tengah kemacetan dan kaga mungkin untuk minggir..
beberapa saat masih gue liatin wajahnya... Ya Tuhan...  seandainya itu gue... Allohuakbar... gue langsung keinget ama nenek... ama emak... ama bapak... ama sodara sodara gue di kampung... keinget juga beberapa taun silam waktu gue masih jadi pengamen di kampung... seharian ngamen kaga laku... lesu banget gue siang itu duduk sendirian di salah satu pos ronda...

Abis itu sepanjang perjalanan gue diam.. masih terbayang raut muka pria tua tadi.. dalam diam gue berdo'a semoga dagangannya langsung laku ampe abis begitu dia bisa lewatin kemacetan yang menghalangi usahanya menghampiri rejekinya.. 

Ya Tuhan.... betapa indahnya.. betapa sempurna kehidupan gue selama ini, betapa beruntungnya diri gue dibanding pria itu...
Ya Tuhan.... ternyata gue terlalu sombong... belum bisa mensyukuri nikmat dariMu...
Terima kasih Ya Tuhan... Engkau masih mau mengingatkan hambaMu yang satu ini... yang juga masih ogah ogahan  menjalankan perintahMu... Engkau memang maha penyayang.. maha segala galanya.. Tiada Tuhan Selain Engkau Ya Alloh...

Terlalu sombong emang.. slalu merasa kurang dan nggak pernah puas atas nikmatNya... ini bukan strategi bisnis ya... bukan prinsip pebisnis sejati ya.. tapi sebuah perasaan... sebuah peristiwa yang menyentuh hati... hati gue...

Gue rasa cukup sekianlah ceritanya... emang gue kaga bisa bikin ending cerita yang bagus sih.. sayangnya juga tadi nggak kepikiran ambil gambar pria tua itu... tapi apa boleh buat... emang begitu adanya..
Semoga cerita tentang peristiwa yang gue alami hari ini bisa memberi manfaat yang baik bagi kita semua...
Semoga Pria tua yang ada dalam cerita ini diberikan kekuatan... dimudahkan segala urusannya... dikabulkan semua keinginannya... karna menurut gue... aturan dia santai santai aja di rumahnya... saat anak cucunya untuk ngebahagiain dia.. menafkahinya.... SETUJU?!

Makasih banyak ya atas waktunya buat ngebaca ini cerita... Terima kasih juga buat do'a do'a kalian yang nggak sengaja kalain lantunkan saat ngebaca cerita di atas... 
Sekali lagi terimakasih banyak buat teman teman pembaca semua... untuk teman teman yang mau puasa... gue do'ain semoga ibadahnya lancar ya..

                                                                                                                        
                                                                                                                     capek juga ngetik....hehe...

No comments:

Post a Comment