Sunday, April 14, 2013

KAPASITOR POLIKARBONAT

Kapasitor ini sudah ada sejak lama, bahan dielektriknya sangat stabil. Tapi produksinya saat ini sangat sedikit.
Polikarbonat adalah kelompok  polimer termoplastik yang mudah dibentuk dan banyak digunakan pada berbagai industri.
Polikarbonat juga digunakan dalam kapasitor sebagai dielektrik. dielektrik polikarbonat sangat stabil dan bisa membuat toleransi yang tinggi juga dapat bekerja pada rentang temperatur yang luas. Berikut ini adalah sifat dasar  kelistrikan polikarbonat:


PARAMETER
NILAI
Konstanta dielektrik
3.2
Faktor disipatif
0,0007 pada 50Hz 
0,001 pada 1MHz
Volume resistivitas
10 -17 ohm cm
Kekuatan dielektrik
38 kV / mm
Penyerapan air
0,16%

Kapasitor ini biasanya dibentuk dengan foil memanjang dengan logam sebagai elektrodanya. Dielektrik polikarbonat sangat sensitif terhadap kelembaban disekitarnya yang dapat diserapnya dan mengganggu kelistrikannya. Oleh sebab itu kapasitor ini dibungkus dengan epoxy, atau kotak plastik, atau bahkan silinder logam agar sesuai dengan kondisi lingkungan dimana mereka digunakan.

Kapasitor polikarbonat telah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi karena keunggulannya. Biasanya mereka digunakan dalam aplikasi yang memerlukan toleransi kurang dari 5%. Biasanya digunakan sebagai timer dan filter.

Mereka bisa digunakan pula pada rangkaian AC. Kadang kadang bisa kita temukan di rangkaian power switching. Meskipun faktor disipasi sunya rendah usahakan jangan sampai overheating jika digunakan dalam aplikasi switching agar kapasitor lebih awet.





No comments:

Post a Comment